·
Seni Huruf
Tidak
terlalu sulit untuk menciptakan suatu karya halaman web yang memiliki nilai
artistik, terutama bila perancang mampu menggali lebih dalam tentang karya
cipta huruf, baik bentuk, ukuran, format dan pewarnaannya. Seni huruf dikenal
juga dengan istilah tipografi. Pengertian dari tipografi yaitu seni dalam huruf
yang meliputi pemilihan huruf, penentuan ukuran yang tepat, spasi jarak dan
kemudahan membaca teks.
Beberapa
aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan huruf agar mudah dibaca dan
nyaman dipandang adalah :
- Meletakkan
teks dengan latar belakang atau teks dengan gambar dalam ketinggian yang
kontras. Kontras yang tinggi dihasilkan dari penggunaan dua warna yang
sangat kontras. Misalnya hitam dengan putih atau kuning terang dengan biru
gelap.
- Memilih
huruf yang mudah dibaca. Jenis huruf dekoratif atau kursif lebih sulit
untuk dibaca, tetapi dapat digunakan untuk judul dan sebaiknya berukuran
besar.
- Mengatur
leading atau spasi antara dua baris teks dan juga kerning atau jarak spasi
antar huruf.
- Menggunakan
huruf standar yang ada di semua komputer atau browser. Jika harus
menggunakan huruf lain yang bentuknya unik, maka sebaiknya digunakan untuk
grafik agar bisa ditampilkan dengan baik di komputer atau browser
lain.
·
Tata Warna
Warna
dapat menciptakan kesan dan arti tersendiri. Tata warna yang tepat dapat
menciptakan kesan tertentu, misalnya profesional, eksekutif, amatir atau
standar. Warna adalah hal yang pertama dilihat sebelum membaca isi dari web.
Jadi warna merupakan elemen yang sangat penting dipertimbangkan sebelum membuat
situs, baik dari segi psikologis maupun dari segi kombinasi keserasian antar
warna. Penggunaan warna yang benar akan memberikan pengaruh yang kuat akan
kejelasan pesan yang ingin disampaikan. Ditinjau dari segi psikologisnya, warna
dapat menimbulkan makna yang positif dan negatif. Semua emosi melekat pada
warna. Emosi ini dapat ditimbulkan dengan memperhatikan keserasian warna dengan
benar. Beberapa variasi warna yang banyak berperan pada pembuatan situs yaitu:
- Warna untuk penekanan, penegasan, penyorotan pada suatu topik tertentu dan dapat menuntun pengunjung untuk menuju pada tema atau link yang penting.
- Warna mengidentifikasikan tema (biasanya judul dan subjudul menggunakan warna yang sama).
- Warna sebaiknya dapat membedakan antara satu objek dengan objek lainnya. Misalnya perbedaan warna pada grafik.
·
Tata Letak dan
Penyajian Gambar
Salah
satu tujuan pembuatan halaman web adalah untuk membangun dan membentuk citra game
tersebut. Pilihan dan tata letak warna menjadi salah satu unsur penting yang
perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada respon pengunjung.
Pemuatan
gambar tentu akan menambah nilai artistik pada suatu halaman web, yakni jika
ukuran, jumlah, tata letak dan penyajiannya proporsional dan tepat. Sementara
itu, jumlah gambar yang akan ditampilkan harus dibatasi dan ditata sedemikian
rupa agar dapat mendukung tema dari informasi yang akan disajikan. Teknik
penyajian gambar juga sangat berpengaruh dalam menciptakan citra game tersebut.
·
Penggunaan
Bentuk Geometri
Penggunaan
bentuk geometri yang efektif akan memberikan motivasi, inspirasi dan tantangan
kepada pengunjung walaupun tanpa disadari. Bentuk-bentuk geometri yang standar
seperti garis, kotak, lingkaran, segitiga dan kurva dapat dikombinasikan dengan
bentuk lain untuk memberikan kesan yang kuat kepada pengunjung, misalnya bentuk
lingkaran dikombinasikan dengan segitiga akan mengahsilkan kesan energik dan
dinamis, bentuk lingkaran yang dikombinasikan dengan kotak akan menghasilkan
kesan yang hangat dan aman.
·
Model Kartun
Pembangunan
halaman web dengan imajinasi kartun menggunakan tokoh atau karakter dari game Rising Force itu sendiri dari
masing-masing bangsanya. Seperti Job Launcher pada bangsa Accretia, Job
Armorrider pada bangsa Bellato, dan Job Animus pada bangsa Holy Alliance Cora.
·
Animasi
Untuk
meningkatkan nilai seni dan daya tarik dalam pembangunan web dapat digunakan
animasi, yaitu gambar yang bergerak. Objek yang bergerak akan menciptakan citra
tersendiri bagi yang melihatnya. Animasi biasanya singkat dan hanya digunakan
untuk memberi kesan tertentu.
Dalam
web ini, animasi hanya digunakan di dalam pemilihan bangsa dan pengumuman
berita atau event.
·
Foto
Foto
dapat digunakan untuk meningkatkan nilai artistik sebuah halaman web yang ingin
menggambarkan fakta yang terjadi. Akan tetapi kualitas foto dan tata olahnya
harus diperhatikan agar foto dapat disajikan secara cantik dan menarik. Dalam
web ini hanya menampilkan foto dari screen shot pemain.
·
Tekstur
Halaman
latar bagi sebuah web juga dapat diolah untuk menimbulkan citra tertentu
seperti canggih atau modern. Penciptaan citra canggih dapat dilakukan dengan
cara memberikan tekstur yang bernuansa teknologi namun disajikan dengan tata
warna dan tata letak yang proporsional, sehingga tampak canggih dan anime style pada halaman latar
·
Nuansa Web
Tampilan
sebuah halaman web dapat diolah sedemikian rupa untuk menimbulkan nuansa
seperti tradisional, klasik, modern atau resmi. Nuansa seperti itu dapat
dimanfaatkan untuk membentuk citra game dan tentu saja akan berpengaruh
terhadap para pengakses halaman web.
Nuansa
web yang di ciptakan oleh web design pada web rf-online ini untuk menciptakan
citra game yang menarik untuk dimainkan, dan mencitrakan juga tentang seru-nya
permainan game ini dengan menampilan animasi-animasi dari karakter game
tersebut yang bertujuan untuk memberikan rasa keingintahuan dari pengakses web.
Sumber: http://www.xa.yimg.com/kq/groups/21868342/72501239/name/analisis